Jember, 10 September 2022
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember sukses memperoleh akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna. Prestasi ini disampaikan oleh Direktur RSGM Universitas Jember, Prof. Dr. drg. FX. Ady Soesetyo, Sp. Pros., dalam kesempatan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bertema Optimasi dan Strategi Branding RSGM Universitas Jember (10/9). Menurut Prof. Ady Soesetyo, modal akreditasi paripurna yang telah diperoleh akan menjadi modal besar bagi RSGM untuk meluaskan layanan bagi masyarakat Jember dan sekitarnya.

“Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan beradasarkan penilaian oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di RSGM Universitas Jember. Dengan perolehan akreditasi paripurna ini maka kami sudah diakui sebagai rumah sakit yang memiliki layanan yang baik. Sehingga memantapkan langkah kami dalam meluaskan layanan bagi masyarakat, apalagi RSGM Universitas Jember adalah satu-satunya rumah sakit yang memiliki spesialisasi di bidang layanan kesehatan gigi dan mulut di wilayah Tapal Kuda,” jelas Prof. Ady Soesetyo.

Untuk menyiapkan diri dalam melayani masyarakat luas, RSGM Universitas Jember telah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya dengan menggelar kegiatan FGD bertema Optimasi dan Strategi Branding RSGM Universitas Jember. Kegiatan ini bertujuan menyerap masukan dari seluruh stake holder baik dari praktisi rumah sakit, asuransi kesehatan hingga praktisi media massa.

“Kami telah melakukan berbagai upaya dalam rangka melayani masyarakat umum, seperti menyiapkan tenaga kesehatan dari dokter gigi, perawat hingga tenaga administrasi pendukung. Bahkan kami sudah mempersiapkan aplikasi khusus bagi pasien yang datang memeriksakan diri. Jangan lupa, hanya RSGM Universitas Jember yang memiliki sembilan belas dokter gigi spesialis dari berbagai bidang, sehingga pelayanan yang kami hadirkan pun pelayanan paripurna,” imbuh Prof. Ady Soesetyo.

Dukungan agar RSGM Universitas Jember meluaskan layanan bagi masyarakat umum datang dari Wakil Rektor II Universitas Jember bidang Administrasi, Umum, dan Keuangan, Prof. Sri Herniyati. Menurutnya sebagai rumah sakit yang fokus pada layanan gigi dan mulut maka RSGM Universitas Jember memiliki banyak keunggulan seperti sumber daya manusia berupa para dokter gigi dengan berbagai spesialis, peralatan yang lengkap hingga layanan laboratorium pendukung. Dengan keunggulan tersebut tidak heran jika RSGM Universitas Jember juga menjadi rujukan pasien penyakit gigi dan mulut dari rumah sakit di wilayah Tapal Kuda.

“Peningkatan layanan untuk umum oleh RSGM juga menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dan sumbangsih Universitas Jember dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Jember pada khususnya, dan derajat kesehatan warga di wilayah Tapal Kuda. Kami akan all out mendukung perluasan layanan RSGM Universitas Jember, diantaranya dengan melibatkan Humas dan UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk membantu RSGM Universitas Jember,” tutur guru besar di Fakultas Kedokteran Gigi ini. (iim)